Kamis, 05 Mei 2011

Rahasia psikologi terbesar dalam kepemimpinan

1. para pemimpin meraih kepercayaan dan dukungan rakyat melalui identifikasi mereka dengan rakyatnya. Jangan menjauhkan diri dari khalayak, tetapi jadilah salah seorang di khalayak ramai.
2. Rendag hati adalah karakter yang paling berpengaruh dalam kepemimpinan efektif. Ego yang kuat akan menciptakan dinding yang kuat antara pemimpin dan pengikutnya.
3. Visi anda harus jelas, sederhana (masuk akal), dan terorganisasi (langsung kerjakan). Tak seorang pun suka atau cenderung mengikuti strategi yang rumit dan semerawut.
4. Jangan campur adukkan antara ambisi pribadi dan otoritas (kekuasaan). Pemempin yang terlalu ambisius bisa saja mendapatkan kepercayaan tetapi tidak akan mendapatkan pengikut.
5. Jangan pernah membentak atau memarahi seseorang didepan umum, hal ini dapat menghilangkan wibawa anda.
6. Bangkitkan dengan cepat kualitas karisma(......) yang sering kali sulit dipahami tetapi luar biasa penting(.........) dengan membuat orang lain merasa pentinng dan istimewa. Orang akan mengikuti seseorang yang membuat mereka merasa bangga dengan diri mereka sendiri.
7. Pahamilah mekanisme kepemimpinan dan waktu terbaik  untuk meminta masukan atau memberikan perintah.

Sumber: David j. Lieberman, Ph.D, "agar siapa saja mau melakukan apa saja untuk anda ",  PT. serambi ilmu semesta, jakarta 2010, hal. 163

Tidak ada komentar:

Posting Komentar